Mas Himawan
Mas Asa Saudale
Terima kasih diberi tambahan info.
Saya itu sekarang independent dan mencoba menempatkan product dan service Cisco sesuai porsi-nya.
Supaya kita semua dapat belajar juga dari Pakar-pakar, Petinggi-petinggi dan Advance Users Cisco..
Bukan mau menjadi "Devil Advocate" beneran-nya, lho.... :)
Dan hal lain.., supaya Cisco juga mau Buat Research Center juga di Indonesia.
Saya sedih ketika Vietnam terpilih menjadi Research Center Cisco. Kenapa bukan kita..?
Padahal penjualan Cisco di Indonesia Angka-nya cukup fantastis, dan naik-nya dari tahun-ke-tahun tergolong tinggi. Jadi...?? Kenapa...??
Apalagi saya itu sudah jualan Cisco disini beberapa tahun sebelum Cisco Indonesia buka kantor.
Bahkan, saya juga sudah jualan Wireless Aironet kurang lebih 2 tahun sebelum Cisco akhirnya meng-akuisisi. Sehingga menjadi Cisco Aironet.
Tapi ketika Saya pegang Intellitactics sebagai Enterprise Security Management..
Sehingga sekarang Intellitactics bisa menjadi ESM Solution di Quadrant 4 oleh Gartner beberapa tahun ini (he..he.. ngga ada hubungannya, ya.... :p )
::
Mengenai Scheme service Cisco itu, mungkin perlu kiranya kita melihat kepentingan dari sisi customer-nya juga.
Masih banyak Customer yang ngga tahu, mereka sedang dapat service apa.
Technical, Advance, atau apa...?
Dibeberapa kontrak support, nyaris ngga ada Partner yang nyebut-in ada SmartNet, Technical, atau Advance Service, apalagi ada "CSSP"-nya..
Malah ada partner yang meniru scheme Support Cisco tersebut, dan membuat metoda dan biaya, bisa jadi lebih murah atau bisa jadi lebih mahal (ternyata...
Walaupun sebenarnya mereka juga deg-deg-an di Audit oleh Cisco ke Kantornya.
Hal lain juga, dari Partner satu-ke- partner yang lain, metoda handling problem mereka ada perbedaan sedikit disana-sini, seperti tidak ada standarnya, sehingga wajar customer nanya, kan...?
Ini Support dari Cisco atau dari Partner? Walaupun sebenarnya 'menurut Cisco' sama saja bila pakai scheme CSSP (untuk Gold Partner).
Tapi mereka ngga pernah dapat info itu.
Ada juga scheme, pokoknya "sekian persen dari harga Pricelist" per-annum dan service-nya ini.... dan itu....
Tentang CCIE..., ada keprihatinan Saya,
Jumlah CCIE yang banyak juga ngga menjamin. Ternyata masih banyak CCIE yang gagal Lab.
Jadi mereka banyak hanya lulus Written saja.
Ketika ada Tender besar..., misalnya Tender KPU dulu..., tiba-tiba Saya merasa CCIE di Indonesia ada 40 orang lebih.... Ada sertifikat-nya.
Bukan mengecilkan usaha dan status mereka, namun umunya pengalaman dengan perangkat-perangkat baru nyaris masih kurang.
Misalnya :
Customer : "Kalau Core Switch saya ada module NAM, IDS dan Content Engine-nya, bisa ngga Saya manage dari Satu System atau NMS Saya ?"
Si CCIE : "Duhh Pak..., konsep-nya Saya mengerti..., tapi Saya belum pernah megang fisik-nya...
Customer : "Hhmmm..... "
Oh ya..., pengertian "Perangkat Baru" di Indonesia ini adalah yang "Baru Pertama Kali Masuk Indonesia". Bukan yang baru di-launching Cisco.
OK lah.... semoga semua kita bisa lebih maju memahami produsen ini.
Dan mudah-mudah-
Supaya kita di-lirik oleh Cisco juga karena punya Potensi 'LAIN'..., bukan hanya sebagai Potensi Pasar Hardware dan Certificate-
Kalau perlu kita tanya-keennn.
(CSR=Corporate Social Responsibility)
CMIIW lagi, ya....
Have a nice day, all.....
Salam,
Sulzer Jusman
----- Original Message ----
From: Saudale <saudale@cbn.
To: indocisco@yahoogrou
Sent: Friday, January 25, 2008 11:53:16 AM
Subject: [IndoCisco] SmartNet
Gua mau coba ngebantu jelasin Cisco punya service, karena dulu gaji gua
datengnya lewat Service ini :). Jadi gua berutang ngejelasin.
Cisco itu punya 3 jenis services :
a. Technical Service, yg paling dasar
b. Advanced Service, yg timnya Himawan
c. Advisory Service, service yg di awang2 menurut gua.
TS, itu adalah service basicnya Cisco, yg supportnya itu dihanddle sama
Cisco TAC, yg engineernya itu kita kenal dengan TAC engineer.
Mereka ini hanya kerja untuk SOLVE operational problem, jadi kalau ada
issue di operating network baru mereka coba bantu. Bukan masalah design
ataupun minta IOS yg stabil.
Service ini dijual ama Cisco dalam 2 bentuk yaitu SmartNet dan Cisco
Shared Support Program atau disingkat CSSP.
SmartNet ini adalah Direct Contract between Cisco dengan Customer walau
dibeli lewat partner.
Sehingga nantinya setelah dibeli, CUSTOMER bisa OPEN TAC case, download
software, ganti barang yg RUSAK krn operasional, atau minta update
software krn bug.
CSSP ini adalah Contract between Cisco dengan Gold-Silver Partner, untuk
perangkat2 yg dijual oleh Partner2 tersebut.
Kenapa dibilang shared, krn Partner Engineer punya kewajiban untuk
melakukan initial troubleshooting terlebih dahulu sebelum dibantu oleh
Cisco TAC. Jadi kedua belah pihak punya tanggung jawab.
Deliverablesnya antara CSSP dan Smartnet itu SAMA hanya yang ENTITLED itu
beda. Kalau SmartNet itu bisa langsung customer, kalau CSSP itu partner
walaupun servicenya partner itu eventually goes to customer.
Jadi kalau teman2 yang udah beli Cisco SmartNet, temen2 punya HAK untuk
punya LOGIN CCO yang lebih powerful dari Guest ACCESS doang :)
Kalau belum dapet loginnya, minta ke partner tempat beli SmartNetnya untuk
bikinin.
Kenapa seringnya GOLD partner suka Nakal tidak menjelaskan SmartNet ke
customer ? Krn by nature, SmartNet itu adalah Direct atr Cisco dan
Customer. Partner tidak dapet kebagian shared dari sini.
Beda dengan CSSP yang dimana Gold partner bisa mendapat shared dari sini.
Kalau kita jadi Gold partnerd what would you do to make more money?
Karena itu, CSSP hanya bisa untuk Gold / Silver krn mereka punya obligasi
untuk punya CCIE yang banyak biar bisa dibagi kerjaannya para TAC
engineer.
Dari internal back end sendiri, uang2 dari SmartNet itu sendiri sebagian
besar larinya adalah untuk Stok barang untuk RMA, dimana angkanya sangat
mencengangkan. Dan itu kalau sisi orang bisnis bilangnya UANG MATI.
Sisanya ya... untuk bayar gaji2 TAC engineer sama gaji gua dulunya...
Kalau Advance service, udah banyak dijelasin ama Om Himawan.
Semoga membantu :)
Asa Saudale
> Banyak yg customer di Indo belum tahu terutama ttg services di Cisco.
> Apakah Cisco sekarang jualan services dan ingin bersaing atau merebut
> pasar
> dari partner? Oh tidak.
> Kita memberikan services untuk hal-hal yg tidak bisa di cover oleh partner
> atau customer sendiri.
>
> Contoh, sbg tambahan dari Smartnet kita juga punya service yg disebut
> Focused Technical Support. Ini mirip dgn support TAC tapi engineer yg di
> assign khusus hanya untuk network kita. Kalo TAC yg biasa kan pada saat
> kita
> buka case harus kasih tahu dulu engineer nya ttg network kita. Dgn FTS
> sudah
> ada engineer TAC yg khusus di assign untuk melayani kita sehingga dia tahu
> ttg topologi network dan juga history dari network itu sendiri.
>
> Di team gue, Cisco Advanced Service (AS) ada 2 tipe services:
> - transactional, ini project based, misalnya ada project yg menggunakan
> produk baru atau large scale sehingga responsibility nya sgt tinggi,
> Network
> Consulting Engineers (NCE) dari Cisco AS bisa diminta partner atau
> customer
> untuk turun tangan
> Project dgn produk CRS-1 hampir pasti menggunakan Cisco AS
> - subscription, ini annual based, jadi seperti membership subscription
> dimana network customer di optimize oleh para NCE selama kontrak
> berlangsung.
> Kenapa harus beli service langsung dari Cisco? Satu contoh deliverable
> dari
> Network Optimization Services (NOS) yg hanya bisa dilakukan langsung oleh
> engineer Cisco: pemilihan versi Cisco IOS. Customer atau partner sekalipun
> akan relatif lebih sulit untuk memberikan rekomendasi ttg versi IOS yg
> tepat, namun para NCE memiliki akses ke database bugs yg komplit untuk
> bisa
> melihat apakah bug di software tsb akan berdampak pada network customer
> (bug
> di software selalu ada, tapi kalo bug nya di EIGRP sedangkan customer pake
> OSPF versi IOS tsb bisa saja digunakan).
> NOS juga bisa untuk produk IP telephony misalnya, sehingga bisa dapat
> support untuk full customize dan script yg ada di IPT tsb.
>
> Apa sih yg ditawarkan dari support langsung oleh Cisco?
> People, tools, experience / knowledge database
> Jelas sebagian besar CCIE di dunia ada di Cisco, sampai yg punya 3, 4 atau
> 5
> CCIE sekalipun, bahkan banyak orang yg ikut bikin standar network.
> Kita punya internal tools dan akses langsung ke developer IOS atau IOS XE,
> atau tool yg bisa memfilter bug spt contoh diatas untuk bisa menemukan
> versi
> IOS yg tepat.
> Dan kita punya experience dan knowledge database yg bisa kita replikasikan
> untuk customer yg lain.
>
> Anda adalah bank? Kita bisa lihat referensi di network bank lain di negara
> lain dgn skala atau jumlah user yg mirip.
> Anda punya mobile service provider? Kita punya referensi dari networknya
> mobile provider hampir di seluruh dunia (yg customer Cisco tentunya)
> dst
>
> Sorry kebanyakan ngomong.
> Gue NCE, bukan marketing :)
> Jadi kalo butuh info lebih lanjut ttg Cisco services silahkan hubungi
> kantor
> Cisco terdekat heheh
>
> Rgds,
> Himawan Nugroho
>
>
>
____________
Looking for last minute shopping deals?
Find them fast with Yahoo! Search. http://tools.
[Non-text portions of this message have been removed]
To Unsubscribe: indocisco-unsubscribe@yahoogroups.com
To Subscribe: indocisco-subscribe@yahoogroups.com or visit: http://www.geocities.com/indocisco
Admin from http://www.geocities.com/ciscosite
Indonesia Cisco Study Group http://www.indocisco.com
Earn your degree in as few as 2 years - Advance your career with an AS, BS, MS degree - College-Finder.net.

Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
__,_._,___
No comments:
Post a Comment