Banyak yg customer di Indo belum tahu terutama ttg services di Cisco.
Apakah Cisco sekarang jualan services dan ingin bersaing atau merebut pasar
dari partner? Oh tidak.
Kita memberikan services untuk hal-hal yg tidak bisa di cover oleh partner
atau customer sendiri.
Contoh, sbg tambahan dari Smartnet kita juga punya service yg disebut
Focused Technical Support. Ini mirip dgn support TAC tapi engineer yg di
assign khusus hanya untuk network kita. Kalo TAC yg biasa kan pada saat kita
buka case harus kasih tahu dulu engineer nya ttg network kita. Dgn FTS sudah
ada engineer TAC yg khusus di assign untuk melayani kita sehingga dia tahu
ttg topologi network dan juga history dari network itu sendiri.
Di team gue, Cisco Advanced Service (AS) ada 2 tipe services:
- transactional, ini project based, misalnya ada project yg menggunakan
produk baru atau large scale sehingga responsibility nya sgt tinggi, Network
Consulting Engineers (NCE) dari Cisco AS bisa diminta partner atau customer
untuk turun tangan
Project dgn produk CRS-1 hampir pasti menggunakan Cisco AS
- subscription, ini annual based, jadi seperti membership subscription
dimana network customer di optimize oleh para NCE selama kontrak
berlangsung.
Kenapa harus beli service langsung dari Cisco? Satu contoh deliverable dari
Network Optimization Services (NOS) yg hanya bisa dilakukan langsung oleh
engineer Cisco: pemilihan versi Cisco IOS. Customer atau partner sekalipun
akan relatif lebih sulit untuk memberikan rekomendasi ttg versi IOS yg
tepat, namun para NCE memiliki akses ke database bugs yg komplit untuk bisa
melihat apakah bug di software tsb akan berdampak pada network customer (bug
di software selalu ada, tapi kalo bug nya di EIGRP sedangkan customer pake
OSPF versi IOS tsb bisa saja digunakan).
NOS juga bisa untuk produk IP telephony misalnya, sehingga bisa dapat
support untuk full customize dan script yg ada di IPT tsb.
Apa sih yg ditawarkan dari support langsung oleh Cisco?
People, tools, experience / knowledge database
Jelas sebagian besar CCIE di dunia ada di Cisco, sampai yg punya 3, 4 atau 5
CCIE sekalipun, bahkan banyak orang yg ikut bikin standar network.
Kita punya internal tools dan akses langsung ke developer IOS atau IOS XE,
atau tool yg bisa memfilter bug spt contoh diatas untuk bisa menemukan versi
IOS yg tepat.
Dan kita punya experience dan knowledge database yg bisa kita replikasikan
untuk customer yg lain.
Anda adalah bank? Kita bisa lihat referensi di network bank lain di negara
lain dgn skala atau jumlah user yg mirip.
Anda punya mobile service provider? Kita punya referensi dari networknya
mobile provider hampir di seluruh dunia (yg customer Cisco tentunya)
dst
Sorry kebanyakan ngomong.
Gue NCE, bukan marketing :)
Jadi kalo butuh info lebih lanjut ttg Cisco services silahkan hubungi kantor
Cisco terdekat heheh
Rgds,
Himawan Nugroho
2008/1/23 Sulzer <sulzerj@yahoo.
> Halo Ciscoer sekalian,
>
> Mohon izin, menambahkan.
>
> SmartNet adalah sebuah program dari Cisco dimana setiap pembelian product
> Cisco ( Hati-hati.., Tidak semua yang di Cover oleh SmartNet, lho...),
> dengan membayar sejumlah tertentu (bahasa kerennya..'Fraction of The Device
> Cost), tergantung type dan series-nya, Cisco akan menjamin selama 1 tahun,
> atau lebih, bahwa product tersebut akan tetap 'UP and Running'.
> Jadi semacam Premi Asuransi.
>
> Beberapa Partner Cisco di Indonesia masih banyak yang nakal... Bahkan yang
> Gold Partner-nya-
> Hampir dipastikan sebagian besar dari mereka tidak pernah memberitahukan
> adanya SmarNet itu ke- Customer.
> Biasanya dengan modus operandi...;
> Mereka menyebutkan akan menyediakan Back-up unit bila terjadi apa-apa. Dan
> biaya back-up unit itu dibebankan kepada pembelian Customer ke Partner.
> Habis masa Back-Up unitnya, perangkat bukannya ke Customer, tapi jadi asset
> mereka.
> Sekali lagi..., bahkan Partner yang GOLD sekali-pun, 'senang' melakukan
> hal ini...
> Nah Back-up unit itu menjadi excessive Stock..., daaannn..., ada juga yang
> menyewakannya ke Pihak lain... Lumayan, kan.... tambahan...
> Tapi mudah-mudah-
> lagi....
>
> Ada beberapa Service Cisco yang lain yang juga 'tidak diberitahukan'
> Misalnya.... Pernah dengar "TIS'..????
> TIS (=Total Implementation Solution). Nah kalau yang ini..., bukan di
> Indonesia saja... Di Singapore, Malaysia, bahkan China, para Partner 'NGGA
> NGASIH Tau' Customer-nya.
> Jadi TIS adalah, Suatu service dari Cisco dimana proses Implementasi,
> termasuk Configurasi, Testing dan Commissioning dilakukan secara Resmi oleh
> Cisco, sesuai standard Cisco...
> Jadi kita ngga usah "Trial and Error" lagi.
> Untuk pemula penikmat Cisco, atau yang sudah gerah disalah2-in Customer
> terus, ini ajang yang baik untuk belajar dari Engineer2 Cisco-nya.
> Terserah nantinya, bakalan dari Partner Local Cisco yang ditunjuk, atau
> Engineer-Engineer Cisco di Regional ini (daripada mereka ngendon di lab cuma
> oprek-oprek Router hanya untuk membuktikan dan mengalahkan informasi
> mengatasi kompetitor. Terutama IOS versus JunOS...)
> (He..he...he.
> Tapi, perlu di check lagi tuh..., masih ada atau ngga TIS, itu ???
>
> OK. Itu salah satunya.... Sekarang mengenai SmartNet.
> Bayar sedikit untuk SmartNet, membuat hati kita tenang dan Hati Customer
> juga tenang (Kalau Cisco-er sebagai Provider).. Terutama bagi user yang
> tidak memiliki Engineer khusus Perangkat Cisco.
> Saya sendiri telah membagikan kenikmatan itu kepada beberapa Instansi
> Pemerintah sejak lama.
> Waktu biayanya dimasuk-in ke BOM, mereka awalnya cemberut, begitu kejadian
> breakdown, mereka senang dan malah semakin appreciate kepada Produk itu.
>
> Dibawah ini Saya coba sharing Pengalaman Saya.
> Untuk proses dan prosedur terbaru, silahkan tanyakan ke Cisco.
>
> Kita ngomong "SEYOGYA"-nya / "SEHARUS"-nya dulu, ya.....
> 1. Customer pesan Cisco Device...
> 2. Customer pesan SmartNet juga (rata-rata biayanya 9% - 15% dari
> Pricelist Cisco. Pricelist, lho....!!!).
> 3. Customer Bayar Cisco Device + SmartNet (kira-kira sama dengan Premi
> Asuransi-"Sebelum kejadian").
> 4. Customer dapat TOKEN.
> <<Pada saat kejadian Breakdown>>
> 5. Hubungi Cisco Support dan Open Case, berikut dikasih Case number-nya.
> 6. Kalau masih bisa hidup.-- Mereka minta print-out beberapa perintah SHOW
> (atau SH)
> 7. Mereka akan email contact person di Customer dan akan Verifikasi, lalu
> tetapkan Skala Eskalasi..., mulai dari yang te-rendah dahulu.
>
> 7.1.a. Kalau Cisco bisa support melalui Remote atau Kita bantu mereka
> meng-eksekusi-
> 7.1.b Kalau Cisco Support tidak berhasil ditahap ini, Escalation Level
> di-naik-kan. Dan BISA JADI, statusnya menjadi "Perangkat diganti".
> 7.1.c Bila keputusannya harus diganti, kita akan diberi Cisco RMA Code
> (=Return Material Authoriation)
> 7.1.d Dalam kesepakatan SmartNet, biasanya dikasih tahu supaya Device
> dikirimkan kembali bersama Kotak Asli Cisco Device, nah disini,
> kita/Customer harus menuliskan besar-besar RMA Code di Kotak itu.
> 7.1.e Masukkan Cisco Device yang bermasalah itu berserta Accessories-
> (Ngga wajib) kedalam Original Box-nya dan nanti ada Expedisi, biasanya DHL
> yang akan menjemput. Tapi di Indonesia oleh TABITHA.. (Katanya.."Sama
> aja...!!!")
> 7.1.f Nanti..., perangkat Cisco penggantinya yang HARUS datang dahulu....
> 7.1.g Perangkat di poin 7.1.e itu akan diambil oleh expedisi, biasanya
> DHL. Tapi kadang-kadang DHL-nya minta dianterin ke Gudang DHL/TABITHA di
> Pegudangan Bandara Soekarno-Hatta. (Bukan Cisco yang minta...)
>
> 7.2.a Kalau sudah ngga bisa hidup -- Mereka akan verifikasi beberapa data
> dan tetap-kan Level Eskalasi-nya. Dan HARUS DIGANTI.
> 7.2.b Sama dengan 7.1.c
> 7.2.c Sama dengan 7.1.d
> 7.2.d Sama dengan 7.1.e.... Termasuk yang "Sama aja...!!!" itu....
> 7.2.e Sama dengan 7.1.f
> 7.2.f Sama dengan 7.1.g :)
>
> JADI..., kalau "SEYOGYA"-nya.
> penggantian.
> Namun begitu, prosedur Cisco juga tidak rigid (kaku).
>
> Nah KALAU ADA yang mau tanya "TIDAK SEYOGYA"-nya, Saya akan jawab di email
> berikutnya.
> Kasihan yang baca ini..., sudah kepanjangan.
>
> OK, Cisco-er..., itu pengalaman Saya, semoga berguna.
>
> Oh ya..., banyak-banyak lah bertanya ke Cisco. Terutama Cisco di
> Indonesia. Banyak yang mau bantu.
> Atau sering-sering lah lihat website-nya.
>
> Misalkan seperti ini..., ada info terbaru;
> KATANYA..... Untuk ambil CCIE ngga perlu harus CCNA, CCDP atau CCNP dulu.
> Langsung aja test (Written dan lanjut ke Lab).... Kalau lulus..., CCIE
> deh...!!!!
> Mau Double, Triple, Quad....dst, bisaaaa.....
> Coba jajal diri Cisco-er.... Siapa tau CCIE kita bisa sebanyak CCNA-nya
> Sudah pada tau belum...!!!!
>
> OK.., CMIIW, ya.....
>
> Goodluck dan Salam,
> Sulzer Jusman
>
>
> ----- Original Message ----
> From: Ihsanul Hakim <ihsanul.hakim@
> >
> To: indocisco@yahoogrou
> Sent: Wednesday, January 23, 2008 10:02:10 AM
> Subject: RE: [IndoCisco] SmartNet
>
> Smartnet: artinya ga tau sih, tapi penggunaannya sbb:
>
> Bila perangkat Cisco kita rusak, dan kita kirim ke vendor / tempat
> servicenya - yang pasti juga partner dari Cisco, akan menawarkan beberapa
> option, tergantung kondisi kerusakan alat tersebut. Tapi yang paling
> sering
> adalah vendor itu menawarkan layanan Smartnet dari Cisco, yaitu mengganti
> alat cisco yang rusak dengan yang baru, dengan biaya yang mungkin bisa
> lebih
> murah dibanding mengganti perangkat sparepart alat yang rusak itu.
>
> Layanan ini selain lebih cepat, kita juga mendapat perangkat baru yang
> juga
> bergaransi. Dibanding memperbaiki kerusakan alat lama dan tidak ada
> garansi
> nya.
>
> Kira2 spt itu deh.
>
> Been there Done that
>
> _____
>
> From: indocisco@yahoogrou ps.com [mailto:indocisco@
> Behalf
> Of inx
> Sent: 22 Januari 2008 19:30
> To: indocisco@yahoogrou ps.com
> Subject: Re: [IndoCisco] SmartNet
>
> smartnet ini adalah extended warranty dari cisco, dgn SLA ttnt.
> kalo untuk hp nama nya carepaq
>
> regards
>
> 2008/1/14 adreza22 <adreza@gmail. <mailto:adreza% <adreza%25> 40gmail.com>
> com>:
>
> > Salam Kenal semuanya.
> >
> > Saya mau tanya ada yang tau dengan Cisco SmartNet gak..?
> > bagaimanakah cara penggunaannya ya..
> > bener2 blank nich..
> > thanks atas jawabannya.
> >
> > Regards.
> > Reza BENITEZ
> >
> >
> >
>
> --
> regards,
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
> ____________
> Looking for last minute shopping deals?
> Find them fast with Yahoo! Search.
> http://tools.
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>
--
Triple CCIE's Journey of Life:
http://himawan.
http://brokenpipes.
[Non-text portions of this message have been removed]
To Unsubscribe: indocisco-unsubscribe@yahoogroups.com
To Subscribe: indocisco-subscribe@yahoogroups.com or visit: http://www.geocities.com/indocisco
Admin from http://www.geocities.com/ciscosite
Indonesia Cisco Study Group http://www.indocisco.com
Earn your degree in as few as 2 years - Advance your career with an AS, BS, MS degree - College-Finder.net.

Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch format to Traditional
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe
__,_._,___
No comments:
Post a Comment